Minggu, 12 November 2023

Kemitraan Kosa Bangsa

PENYULUH PERTANIAN DESA RIWO KECAMATAN WOJA KAB. DOMPU | Minggu, 12 November 2023,22.26 |

 

Program Kosabangsa merupakan program pendanaan dari Ditjen Diktiristek melalui DRTPM untuk menjembatani kolaborasi dalam pengembangan dan penerapan IPTEKS yang dihasilkan oleh perguruan tinggi untuk dapat dimanfaatkan bagi kebutuhan masyarakat. Secara khusus Program Kosabangsa memprioritaskan wilayah daerah tertinggal serta wilayah prioritas kemiskinan ekstrem yang kemudian disebut wilayah prioritas Kosabangsa.

Program Kosabangsa dilaksanakan dalam jangka waktu kegiatan maksimal 8 (delapan) bulan. Program Kosabangsa memprioritaskan 4 (empat) bidang fokus, yakni ketahanan pangan, kemandirian kesehatan, energi baru terbarukan, dan kemandirian ekonomi.

Program Kosabangsa dilaksanakan Oleh Salah Satu Perguruan Tinggi di Kabupaten Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat Yaitu STKIP Bima atau Univetsitas Nggusu Waru (UNSWA).

Kegiatan Kosabangsa Melibatkan kelompok Tani di Desa Riwo Kecamatan Woja Kabupaten Dompu sebagai Mitra Sasaran Kegiatan Kosabangsa Yaitu Kelompok Tani Angi Ndai Riwo Sebagai Mitra Pertama dan Kelompok Tani Ncuhi Riwo sebagai Mitra Kedua, adapun jenis kegiatannya adalah Pemanfaatkan Limbah Pertanian dan ternak sebagai pupuk Organik, baik pupuk kandang, Bokashi dan Pembuatan MOL (Micko Organisme Lokal).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar