Selasa, 01 September 2015

Cara Menentukan Dosis Pupuk Dengan PHSL Online

PENYULUH PERTANIAN DESA RIWO KECAMATAN WOJA KAB. DOMPU | Selasa, 01 September 2015,21.23 | |


Aplikasi PHSL (Pemupukan Hara Spesifik Lokasi)


Pemupukan Hara Spesifik Lokasi (PHSL) - Padi Sawah Indonesia merupakan suatu aplikasi internet dan handphone/ telefon seluler yang dikeluarkan oleh IRRI (International Rice Research Institute), ditujukan bagi para penyuluh pertanian lapangan dan petani di Indonesia sebagai pedoman dalam menentukan takaran pupuk serta waktu pemberian pupuk di lahan sawah (berlaku untuk padi sawah irigasi dan tadah hujan).
Aplikasi ini memungkinkan petani dapat meningkatkan hasil panen melalui penggunaan pupuk yang disesuaikan dengan kondisi sawah mereka. PHSL memuat pertanyaan sederhana tentang kondisi sawah petani yang dapat mereka jawab dengan mudah, baik dengan bantuan penyuluh maupun tidak. Berdasarkan jawaban atas pertanyaan tersebut, anjuran pemupukan setempat dapat mereka peroleh dalam bahan tercetak atau bentuk SMS. Tingkat kesuburan lahan petani bisa berbeda-beda antar petani satu dengan yang lainnya. Bahkan petakan sawah yang letaknya berdampingan sekalipun bisa saja memiliki tingkat kesuburan yang berbeda. Maka dalam menjawab pertanyaan PHSL, pastikan bahwa jawaban petani sudah benar sesuai kondisi lahan masing-masing.
 Selain itu diperlukan juga waktu yang tepat dalam menjawab pertanyaan PHSL yaitu pada saat setelah panen dan akan atau sedang mempersiapkan lahan untuk ditanami kembali. Dalam daftar pertanyaan PHSL, ada 2 pertanyaan yang membutuhkan data panen terbaru yaitu: - Hasil GKP pada musim yang lalu - Cara merontok padi pada musim yang lalu Aplikasi ini dapat diakses melalui internet dengan alamat http://webapps.irri.org/nm/id. Sedangkan untuk telefon seluler dapat menghubungi nomor 0812 988 280 91/ 92/ 93/ 94, setelah terhubung segera aktifkan loudspeaker. Untuk memudahkan petani aplikasi ini tersedia dalam bahasa Indonesia, Jawa, Bali, Sunda. (PM)

Untuk Lebih Jelas Silakan Klik : Aplikasi PHSL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar